Page 57 - SALAM CINTAQURAN #Februari2022
P. 57

CQF / AMAZING MAGAZINE / Edisi FEBRUARI 2022                         57







                    Belajar Jadi Seasyik



                    Bermain








                    M           atematika seringkali

                                menjadi pelajaran yang sulit
                                dan membosankan bagi
                                kebanyakan orang. Tapi
                                bagaimanakah jika belajar
                    matematika dikemas seasyik bermain?

                    Seperti anak-anak kelas 2 di Sekolah Alam
                    An Naba yang sedang belajar konsep
                    dasar perkalian ini. Dengan menggunakan
                    pendekatan Concrete Pictorial Abstract
                    (CPA) anak diajak memahami sesuai
                    dengan tahapan berpikir usia sekolah
                    dasar yakni mulai dari sesuai yang
                    konkret, bisa terindra, dilihat, dipegang
                    lalu diajak untuk belajar dengan          *Siswa An Naba sedang belajar tentang konsep dasar
                    representasi bergambar. Kemudian          perkalian.
                    mereka juga diajak menyelesaikan
                    masalah dengan cara notasi abstrak.

                    Pendekatan CPA merupakan pendekatan
                    pembelajaran yang didasari teori          dengan kita, dan bisa juga sesuatu yang
                    Bruner mengenai representasi enactive,    sudah anak kenal.
                    iconic, symbolic. Melalui pendekatan ini
                    memberikan kerangka kerja yang secara     Anak-anak dipasangkan berkelompok
                    konseptual membantu siswa untuk           dengan tingkat kemampuan yang
                    membentuk hubungan yang bermakna          bervariasi sehingga bisa menjadi
                    antara kemampuan dalam tingkat konkret,   tutor sebaya, diajak terlibat aktif lalu
                    representasi dan abstrak.                 saling berdiskusi hasil dari kelompok
                                                              lainnya. Dan untuk penilaian secara
                    Dimulai dari pengalaman visual,           individu diakhir pelajaran diminta untuk
                    dan kinestetik untuk membangun            mempresentasikan pemahaman masing-
                    pemahaman, memperluas pemahaman           masing. Interaksi yang terbangun,
                    mereka melalui representasi bergambar     antusiasme mereka bisa menjadi bukti
                    dari benda konkret dan pindah ke tingkat   bahwa belajar bisa lho jadi seasyik
                    pemahaman secara abstrak. Benda           bermain. Nantikan cerita kami selanjutnya!
                    konkret yang dipakai disini juga terbilang
                    mudah, bisa benda apa saja yang dekat
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62