Page 57 - SALAM CINTAQURAN #Februari2022
P. 57
CQF / AMAZING MAGAZINE / Edisi FEBRUARI 2022 57
Belajar Jadi Seasyik
Bermain
M atematika seringkali
menjadi pelajaran yang sulit
dan membosankan bagi
kebanyakan orang. Tapi
bagaimanakah jika belajar
matematika dikemas seasyik bermain?
Seperti anak-anak kelas 2 di Sekolah Alam
An Naba yang sedang belajar konsep
dasar perkalian ini. Dengan menggunakan
pendekatan Concrete Pictorial Abstract
(CPA) anak diajak memahami sesuai
dengan tahapan berpikir usia sekolah
dasar yakni mulai dari sesuai yang
konkret, bisa terindra, dilihat, dipegang
lalu diajak untuk belajar dengan *Siswa An Naba sedang belajar tentang konsep dasar
representasi bergambar. Kemudian perkalian.
mereka juga diajak menyelesaikan
masalah dengan cara notasi abstrak.
Pendekatan CPA merupakan pendekatan
pembelajaran yang didasari teori dengan kita, dan bisa juga sesuatu yang
Bruner mengenai representasi enactive, sudah anak kenal.
iconic, symbolic. Melalui pendekatan ini
memberikan kerangka kerja yang secara Anak-anak dipasangkan berkelompok
konseptual membantu siswa untuk dengan tingkat kemampuan yang
membentuk hubungan yang bermakna bervariasi sehingga bisa menjadi
antara kemampuan dalam tingkat konkret, tutor sebaya, diajak terlibat aktif lalu
representasi dan abstrak. saling berdiskusi hasil dari kelompok
lainnya. Dan untuk penilaian secara
Dimulai dari pengalaman visual, individu diakhir pelajaran diminta untuk
dan kinestetik untuk membangun mempresentasikan pemahaman masing-
pemahaman, memperluas pemahaman masing. Interaksi yang terbangun,
mereka melalui representasi bergambar antusiasme mereka bisa menjadi bukti
dari benda konkret dan pindah ke tingkat bahwa belajar bisa lho jadi seasyik
pemahaman secara abstrak. Benda bermain. Nantikan cerita kami selanjutnya!
konkret yang dipakai disini juga terbilang
mudah, bisa benda apa saja yang dekat