Page 25 - SALAM CINTAQURAN #Januari2022
P. 25

Edisi Januari 2022                                              AMAZING Magazine              25

Keseruan

IBBQ Road to

Riau

S         enin (3/1/2022) pukul 6 pagi kami

berangkat menuju bandara. Kami pun
                       terbang menuju Pekanbaru, Riau. Di sana,
                       kami akan menggelar kelas Indonesia Bisa
                       Baca Quran (IBBQ), penyaluran wakaf Al-
            Quran, Zakat100% dan Do-Nation.

Bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena lokasi
            yang kami tuju berada di pedalaman Riau, yakni di Desa
            Pangkalan Kapas, Desa Tanjung Permai dan Kebun              *Dokumentasi oleh Tim saat pelaksanaan kelas IBBQ di
            Tinggi Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar          wilayah Kabupaten Kampar, Riau.
            Provinsi Riau.

Ada 6 kelas yang akan digelar di sana dengan jumlah
            penerima manfaat mencapai sekira 150 orang dari kamu     Perjalanan sangat luar biasa karena ternyata
            ibu dan bapak warga setempat. Ini adalah perjalanan      rutenya adalah jalan tanah berbatu melewati
            kedua yang kami lakukan ke Riau. Rangkaian kegiatan      jalan menanjak dan menurun serta beberapa
            sudah kami susun selama berada di sana, antara lain:     sungai kecil. Saat melewati sungai kecil, kami
            Tabligh Akbar, penyerahan Do-Nation, Zakat100%, Al-      harus menyeberang dengan rakit. Kendaraan
            Quran, dan pelaksanaan kelas IBBQ.                       beberapa kali kesulitan untuk menanjak
                                                                     karena jalanan yang terjal dan licin. Sebelum
            Pukul 12.00 kami sudah tiba di Bandara Sultan Syarif     sampai ke lokasi kami sempat beristirahat
            Kasim II Riau, selesai Shalat Zuhur dan makan siang,     untuk makan terlebih dahulu dan melepas
            kemudian kami berangkat menuju Payakumbuh, sampai        lelah sejenak dengan mandi di sungai yang
            di penginapan sekira pukul 20.00 WIB. Kami pun           kami lewati. Alhamdulillah kami sampai
            beristirahat sejenak. Perjalanan akan dilanjutkan besok   tujuan dengan selamat sekira pukul 17.30
            pagi.                                                    WIB.

Pagi hari Selasa (4/1/2022) dari penginapan Air Putih    Kami menginap di salah satu rumah warga
            Payakumbuh, kami lanjut sarapan di dekat Kelok           bernama Pak Hasan. Ia juga salah seorang
            Sembilan. Barulah kemudian kami bertolak menuju          yang ikut menemani perjalanan kami
            lokasi kelas IBBQ, Desa Pangkalan Kapas. Sebelum         menuju desa ini. Kami juga dijamu dengan
            memasuki wilayah ini, kami harus mengganti kendaraan     buah durian dan manggis yang kebetulan
            terlebih dahulu. Jadi kami meneruskan perjalanan         ternyata sedang musimnya. Malam harinya,
            dengan menggunakan kendaraan roda dua. Ada 13            bakda Isya kami menggelar Tabligh Akbar di
            motor yang sudah disiapkan, 9 motor untuk orang dan      Masjid Istiqomah yang diisi oleh Ustaz Fikrie
            sisanya membawa barang. Pukul 13.30 WIB kami baru        Syahrijal.
            berangkat menuju Desa Pangkalan Kapan.